Berita Terkini

Oct 16, 2012

Manfaat Dan Kegunaan Tagetes Erecta/ades


Tagetes sering disebut sebagai kenikir, randa kencana dan ades (Indonesia), tahi kotok (Sunda), amarello (Filipina), African Marigold, Astec Marigold, American Marigold, Big Marigold (Inggris), mempunyai nama latin Tagetes erecta L. Tagetes masuk keluarga Compositae (Asteraceae) dan mempunyai 59 species. Tanaman ini merupakan salah satu herba hias yang biasa digunakan sebagai tanaman pagar dan pembatas. Secara komersial sebagai bunga potong, karena mempunyai bentuk bunga yang unik dan warnanya yang mencolok. 

Taksonomi Tagetes, sebagai berikut: 

Kingdom  : Plantae 
Ordo       : Asterales 
Keluarga   : Asteraceae 
Suku       : Tageteae 
Spesies    : Tagetes erecta, Tagetes filifolia, Tagetes lacera, Tagetes lucida, Tagetes minuta, Tagetes patula, Tagetes tenuifolia. 

Tagetes merupakan tumbuhan tahunan, dapat tumbuh pada tanah dengan pH netral di daerah yang panas, cukup sinar matahari, dan drainase yang baik. Tanaman tumbuh tegak setinggi 0,6 - 1,3 m, daun menyirip berwarna hijau gelap dengan tekstur yang bagus, berakar tunjang, dan dapat berkembang biak dengan biji. Tagetes mempunyai bunga berukuran 7,5 - 10 cm dengan susunan mahkota bunga rangkap, warna cerah, yaitu putih, kuning, oranye hingga kuning keemasan atau berwarna ganda. Bunga berbentuk bonggol, tunggal atau terkumpul dalam malai rata yang jarang, dan dikelilingi oleh daun pelindung. 

Manfaat Bunga Tagetes 

Selain sebagai bunga potong dan tanaman pembatas, tanaman ini juga banyak dimanfaatkan sebagai pewarna, obat, dan pakan ternak. Oleh karena banyaknya senyawa aktif yang terkandung di dalam tanaman tersebut, Kanada dan Mexico memanfaatkan kandungan karotenoid pada bunga sebagai pakan ternak. Pakan ternak tersebut khususnya untuk unggas supaya dihasilkan telur dengan warna kuning tua. Senayawa β-karoten, trans-lutein, lutein ester, dan xantofil digunakan sebagai pewarna makanan, pewarna kosmetik, antioksidan, antikarsinogen, dan produk obat-obatan. Masyarakat Indonesia menggunakan bunga Tagetes untuk mengobati infeksi saluran napas, anti radang, mengencerkan dahak, mengatasi batuk dan obat untuk luka. Masyarakat filipina menggunakan bunga Tagetes dalam pengobatan anemia, menstruasi yang tidak lancar, rematik dan sakit pada tulang. Banyak Negara yang masyarakatnya menggunakan bunga Tagetes untuk penyakit mata dan sedatife. Dibidang pertanian, bunga Tagetes efektif dalam pencegahan nematode penganggu tanaman (Meloidogyne sp., Pratylenchus sp., dan lain-lain) sehingga digunakan sebagai tanaman tumpang sari, penangkal serangga, herbisida dan anti jamur. Minyak atsiri dari bunga Tagetes efektif menghambat pertumbuhan bakteri, antijamur pada Saprolegnia, ferax serta sebagai larvasida pada Culex quinquefasciatus, Anopheles stephensi dan Aedes aegypti. (Sumut)